Thursday, September 12, 2013

Never underestimate the power of a woman with a sewing machine

Saya suka sekali dengan kalimat tersebut, dan saya sudah membuktikan sendiri pengalaman-pengalaman berharga yang saya dapat dari sebuah mesin jahit.

Baiklah saya akan mulai bercerita :)

Sejak kecil saya sudah akrab dengan mesin jahit, karena kakek dan nenek saya memang memiliki usaha konveksi. Sejak bisa mengoperasikan mesin jahit saya suka membuat jahitan-jahitan sederhana yang saya bisa. Paling sering saya membuat dompet lipat kecil untuk tempat uang saku saya dari kain perca sisa produksi milik kakek.

Lulus SMP (Sekolah Menengah Pertama) saya melanjutkan ke SMK (dulu masih bernama SMKK) jurusan Tata Busana. Lulus dari SMK saya melanjutkan kuliah ke UNJ (dulu IKIP Jakarta) program studi Tata Busana.
Tuuh kaann..semua sekolah yang saya pilih berhubungan dengan mesin jahit.

Saya masih ingat (dengan jelas) sampai saat ini. Saat lulus SMK dan hendak melanjutkan kuliah, kemampuan saya diragukan oleh seorang teman. Dia bilang jarang siswa SMK bisa lulus UMPTN...hmmm...saya hanya diam karena saya sadar, kakek nenek saya tidak mampu membiayai saya untuk ikut bimbingan belajar, sedangkan teman saya itu ikut kursus dan bimbingan belajar. Tapiiii....apa daya...ternyata saya lolos dan bisa kuliah :D....dan teman saya justru tidak lolos UMPTN...hehehe..bukan sombong sihh..cuma kesel aja gitu didoakan tidak lulus :P

Setelah masuk SMK, saya makin akrab dengan mesin jahit dan ilmu jahit menjahit saya makin bertambah dan makin terampil. Saat itu saya sudah PD menerima order jahitan. Oleh Kakek saya diberi sebuah mesin jahit tua, merknya "No Name"..hehehehe..karna saking tuanya itu mesin, bodynya demikian polosnya dan saya tidak menemukan tulisan merknya (atau saya lupa mencari mungkin :P. Dan biarpun body mesin sudah rontok semua catnya, tapi masih bagus kualitas jahitan yang dihasilkan loh.

Saya juga PD menjahitkan baju guru-guru saya, senang karna ketrampilan menjahit saya makin terasah, tapi sedih juga karna saya tidak dibayar...hiks...hiks..hiks...padahal saya butuh buat bayar sekolah loh buuuu, paling enggak diganti dong bu biaya kancing, benang dan viselin yang saya beli dengan uang jajan saya :(  *curhat colongan :P
Ah, tapi tak apa, saya harus tetap berterima kasih karna ibu guru percaya bahan baju mereka saya gunting-gunting dengan penuh percaya diri..lah kalo salah gunting bisa kena "setrap" (hukuman) saya :P
Dan andai saya nanti jadi Guru, saya akan membayar jahitan murid saya....kasian gitu loh sudah meluangkan waktu menjahitkan baju kok ya tidak diberi sedikit apresiasi :)

Semenjak makin lancar ilmu menjahit saya, sejak itulah saya mulai bisa mandiri...Alhamdulillah :D
Walo tidak banyak, sejak SMK saya sudah bisa punya uang jajan sendiri.
Lanjut sampai kuliah, alhamdulillah saya bisa membiayai kuliah dan jajan saya dari hasil menjahit sampai saya lulus kuliah.

Tuuhh..kan..jangan menyepelekan ilmu jahit menjahit ya...dibilang gak keren lah, dibilang tukang jahit lah..bla..blaa..bla..
Biarpun disepelekan, biarpun dibilang tukang jahit, tapi terbukti loh ilmu jahit menjahit memiliki daya ekonomi tinggi. Setidaknya kita bisa menghemat pengeluaran belanja baju. Dan akan makin bermanfaat saat kita buka usaha jasa jahit menjahit, pemasukan keuangan bisa aman kan??, dapur bisa tetap ngebul :D

Jadi, saya ingatkan sekali lagi...wahai sodara-sodara!!! janganlah kamu sekalian merendahkan kemampuan jahit menjahit, karena dengan jahit menjahit bisa menggerakkan roda ekonomi keluarga, dan membuka peluang lapangan kerja :D

Saya bersyukur diberi kemampuan terampil jahit menjahit dan berencana membuka usaha jasa rumah jahit ,saya juga akan memajang hasil karya saya di page yang saya buat di Facebook, klik dan like yaa teman :)...semoga bisa berhasil nantinya..aamiin :)

sumber gambar dari sini


sumber gambar dari sini

Happy sewing ah ;)

No comments:

Post a Comment