Sunday, May 20, 2012

Cara Meletakkan Pola Aplikasi pada Perca dan Kain

Buat yang suka bikin aplikasi-aplikasi dari sisa perca ataupun kain, saya punya sedikit tips nih supaya guntingan aplikasi yang kita buat tidak mudah lepas serat kainnya.

Kebanyakan dari kita sering memanfaatkan sisa kain perca untuk membuat aplikasi, dan tak jarang pola atau bentuk guntingan aplikasi yang kita buat ukurannya kecil, supaya guntingan aplikasi yang ukurannya kecil tersebut tidak mudah lepas seratnya, berikut tips dari saya

1. Lihat arah serat kain sebelum meletakkan pola aplikasi



2. Letakan pola aplikasi pada arah serat yang serong


3. Berikut hasil guntingan pola bila diletakkan pada arah serat serong,
    bagian tepi guntingan sengaja saya cabik-cabik




4. Dan berikut ini hasil pola bila diletakan pada arah serat memanjang dan melebar





Semoga sedikit tips di atas bermanfaat buat teman-teman yang hobbie sewing :)

Satu info lagi, bila teman-teman menggunakan kain yang bentuk tenunannya sudah menyerong, letak pola bisa lebih bebas ya, karena bentuk tenunan yang menyerong lebih kuat jalinan seratnya.
Contoh kain textile yang bentuk tenunannya menyerong contohnya kain drill, kain twill.
Bila ada teman yang masih belum tahu bedanya, boleh tanya-tanya ke saya, sebisa mungkin akan saya share apa yang saya tahu :)




14 comments:

  1. gantian jalan2 di blognya mbak Tien nih, hehe..
    oh jadi harus menyerong ya mbak? kalo kita pake bantuan viselin itu bagus gak ya jadinya? bakalan mbrodol juga gak ya serat kainnya?

    makasii mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gantian di tengok sama mba fenny :)
      Sebaiknya menyerong,dan tetap dibantu lapisan viselin supaya lebih mantep lagi bentuk gutingannya...hehehe..hasil pengalaman selama bikin2 aplikasi kok ya lebih rapi tepi guntingan kalo letaknya serong kain, jadilah saya share di sini :)

      Delete
  2. Halo Mba Tien, aku baru tau lho ada tips begini, hehe..makasih udah berkunjung ke blog ku ya :D

    ReplyDelete
  3. waahh makasi tipsnya mbak tien,,berarti sm ky klo buat bisban ya,nyerong juga..ada tips buat bikin bisban sendiri g mba?? *ngelunjak* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku selalu bikin bisban sendiri mba,krn bisban jadi lebarnya kan kecil, sedangkan aku butuh bisban yg lebar2

      gampang kok caranya, tinggal lipat ujung kain sudut 45 derajat, trus udahannya tinggal di garis aja deh sebanyak bisban yg dibutuhin, baru deh digunting
      kalo udah biasa ngejahit,biasanya pasti biasa bikin bisban sendiri :)

      Delete
    2. aq juga bikin mba,tp gak miring gitu,,lurus2 aja,katanya kan bagus kalo seratnya miring gituu..
      maksi mba tien,dicoba deh tipsnya.. :D

      Delete
    3. bikin bisban harus miring seratnya mba, hasilnya lebih halus dan ngikuti lekukan2 :)

      Delete
  4. tengkiu untuk tipsnya mba Tien ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi..malu ditengok sama master :)
      makasih mba nuning :)

      Delete
  5. waahh nice info..tfs..mba tien kalo benangnya itu merk apa sh mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mba Felicity baru cek comment2 nih aku :)
      kalo benang sulam yg aku pake merk yang umum ada di pasaran kok mba, banyak tersedia di toko alat jahit :)

      Delete
  6. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKY WAHYU dan dia memberikan nomor AKY WAHYU,dia bilan kepada saya kalau AKY WAHYU bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKY WAHYU dan dengan senan hati AKY WAHYU ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKY WAHYU di 082 313 669 888 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKY WAHYU dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya

    ReplyDelete
  7. Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya
    LPK NAVITA


    Tempat Pelatihan Orang Mandiri

    Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Kamisol, Gamis, Jilbab lebar, Manik-Manik, Pakaian Dalam


    Mudah-Murah-Hemat-Terampil

    Kenapa memilih LPK Navita:

    Belajar dengan menyenangkan
    Minim ujian
    Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
    Murid diberikan kebebasan
    Minim sistem rangking
    Menganut paham "less is more"
    Menetapkan standart sendiri
    Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
    Lebih Cepat Selesai
    Lebih Cepat Meningkatkan Penghasilan
    Lebih Banyak dicari di dunia kerja
    Berpengalaman sejak 2003
    Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
    Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
    Magang
    GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
    Biaya Mulai 350rb/program
    Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
    Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
    Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil


    Jalan Veteran No. 28
    yogyakarta
    HP. 085740028487
    PH.(0274)450326



    buka cabang di sleman :

    Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
    Godean Sleman Yogyakarta
    HP. 085740028487
    pin BB 75F08617

    Kursus Jahit Bordir

    ReplyDelete